Sudahkah Anda membeli tiket kereta api tetapi berniat untuk membatalkan karena perselingkuhan? Cukup hubungi call center KAI untuk pengembalian dana dan dapatkan uang Anda kembali dengan mudah. Menggunakan pilihan transportasi kereta api adalah pilihan terbaik saat ini karena kenyamanan yang diberikan.
Selain mekanisme pemesanan yang terbilang mudah, kini pelanggan juga diberikan keuntungan dengan opsi refund jika perjalanan tidak dilakukan. Dengan manfaat tersebut, pelanggan tidak merasa dirugikan akibat kendala yang terjadi saat ingin bepergian dengan kereta api.
Penasaran seberapa efektifkah melakukan refund untuk tiket yang telah Anda pesan sebelumnya? Ada beberapa cara yang bisa dicoba pengguna, yaitu memanfaatkan aplikasi resmi dari KAI atau bisa datang langsung ke loket stasiun secara langsung. Sebelum menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah tersebut.
Tak hanya untuk pembatalan, aplikasi resmi KAI juga bisa digunakan untuk memesan tiket perjalanan secara praktis. Tanpa perlu mengantre lama atau menghabiskan waktu lama hanya untuk memesannya melalui loket stasiun, simak langkah-langkah pemesanan tiket menggunakan Kai Access di bawah ini.
Bagi pelanggan yang ingin membatalkan tiketnya, dapat menggunakan aplikasi resmi dari KAI dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:
Langkah pertama, Anda harus masuk terlebih dahulu pada aplikasi. Jika pengguna belum menginstal aplikasi, pengguna dapat mengunduhnya di Google Play atau App Store.
Setelah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya adalah memilih menu “pembatalan”. Pada menu akan ditampilkan tiket yang sudah anda pesan sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan memilih tiket mana yang akan dibatalkan.
Sebelum memutuskan untuk menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, alangkah baiknya kamu mencoba cara berikut ini. Setelah mengakses menu pembatalan, lanjutkan dengan memilih menu “halaman detail tiket”. Di sana Anda akan disajikan dengan tampilan data penumpang. Selanjutnya, pilih nama yang ingin Anda batalkan bersama dengan informasi rekening bank sebagai media pengembalian biaya.
Setelah penumpang ditentukan dan rekening bank dipilih, proses pengembalian dana dapat dilanjutkan dengan mengonfirmasi pembatalan. Cukup tekan opsi “Pembatalan Tiket” untuk menindaklanjuti prosesnya. Namun sebelum mengakhiri proses di atas, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa semua data telah diisi dengan benar.
Memeriksa riwayat pembatalan secara rinci perlu dilakukan sebelum Anda keluar pada aplikasi. Untuk memeriksa riwayat pembatalan, Anda hanya perlu memilih menu “Detail Riwayat” dan kemudian memeriksa detail di halaman yang tersedia.
Selain cara-cara di atas, ada baiknya pelanggan juga mengetahui langkah-langkah pembatalan tiket yang telah dibeli melalui mekanisme manual. Sebelum memutuskan untuk menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, tidak ada salahnya mencoba petunjuk berikut ini.
Karena mekanisme ini termasuk manual, pemilik tiket harus pergi ke stasiun kereta terdekat. Umumnya, stasiun akan menyerahkan beberapa syarat sebelum melakukan pengembalian dana seperti kode pemesanan, identitas pemesan, dan fotokopi identitas.
Setelah mengunjungi stasiun terdekat, maka pemesan dapat memenuhi bagian customer service. CS kemudian akan memberikan formulir yang akan diminta untuk diisi oleh pihak yang mengajukan.
Proses pengajuan sendiri juga dilakukan di loket pembatalan khusus. Pelapor juga perlu melengkapi data sesuai formulir yang terdiri dari dua duplikat, yaitu data tiket dan data penumpang. Kesulitan dengan mekanisme yang ditawarkan? Hubungi call center KAI untuk pengembalian dana jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut.
Langkah selanjutnya adalah mengajukan pengembalian dana di loket yang sudah tersedia. Di sini petugas loket akan memberikan dua opsi pembayaran refund, yaitu melalui transfer bank atau diberikan secara tunai. Untuk kedua opsi, waktu pencarian paling lama 30×24 jam sejak Anda mulai mengurus pembatalan.
Langkah selanjutnya adalah menerima jumlah nominal sesuai dengan tiket yang Anda batalkan sebelumnya. Namun sebelum pergi ke loket, pastikan Anda membawa formulir yang sebelumnya diberikan dari petugas loket sesuai dengan proses sebelumnya.
Perlu Anda ketahui bahwa jumlah nominal yang diberikan oleh KAI tentu tidak mencapai 100%. Jika Anda penasaran mengapa hal ini terjadi, silakan hubungi call center KAI untuk pengembalian dana dan dapatkan informasi terkait hal tersebut.
Pada tahun 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kemudahan terkait proses pembatalan dan pengembalian uang tiket yang dipesan oleh konsumen terlebih dahulu. Sekarang prosesnya dalam waktu kurang dari tiga hari. Tetapi mereka mendesak agar pelanggan harus menggunakan sistem online untuk pengiriman tersebut.
Selain itu, refunder juga harus memperbarui aplikasi KAI Access mereka. Proses pembaruan aplikasi dapat dilakukan dengan mengetuknya di Play Store atau App Store untuk mendapatkan versi terbaru dari aplikasi. Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan dengan menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana.
Untuk langkah selanjutnya sama dengan poin-poin yang dijelaskan di atas, yaitu melalui pendaftaran identitas sesuai dengan data yang tercantum dalam data pemesanan tiket sebelumnya. Kemudian nasabah masuk ke menu pembatalan dan mengisi nomor rekening untuk proses transfer dana.
Sebagian besar masyarakat kini mulai tertarik untuk menggunakan jasa PT Kereta Api Indonesia. Selain kualitas layanan yang diberikan semakin meningkat, beberapa pembaruan, terutama pengembalian dana, juga dipermudah. Bagi Anda yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, cukup menghubungi call center KAI untuk refund di 021-121 atau email cs@kai.id.